Wednesday 1 August 2012

Keunggulan Akik Gambar Sebagai Benda Koleksi

Setiap barang yang beredar sebagai benda hoby mempunyai keunggulan masing-masing yang berbeda dari tiap-tiap benda…tetapi secara garis besar ada beberapa hal yang yang terdapat pada Batu Akik Gambar yang tidak terdapat pada benda yang lainnya, yang tentu saja mempunyai ke asyikan yang berbeda pula..
Diantaranya:
1.  Lukisan Ajaib
Saya, Agusugih…sebagai pelukis,tentu saja sangat mengetahui proses terbentuknya suatu gambar dari sketsa sampai menjadi lukisan yang sempurna,  betapa dibutuhkan proses belajar yang lama untuk penguasaan suatu bentuk, betapa susahnya membuat suatu lukisan yang proporsi, warna, tekstur, goresan, yang sempurna….belum lagi ide dikepala yang harus terus bergerak agar tidak monoton.
jadi apa yang terlukis di sebuah batu yang sangat luar biasa proporsi, warna, dan bentuknya yang seolah-olah telah mengalami proses penciptaan melalui daya pikir seperti para seniman besar konsepkan…adalh diluar akal kita, karena prosesnya di ciptakan oleh yang Maha Mencipta. Sehingga selain hasilnya yang luar biasa indah juga mempunyai pesan-pesan tersembunyi yang akan terbukti atau terbaca dengan seiringnya waktu berjalan.
2.  Nilai Ekonomi.
Diferent Is sources……..Perbedaan itu mempunyai nilai ekonomi yang sangat luar biasa tinggi, semakin jarang atau langka suatu barang bisa di dapat di pasaran, maka semakin tinggi permintaan dan menyebabkan semakin tinggi nilai ekonominya.
apa kah bisa terjadi batu akik memiliki satu kesamaan yang sangat persis? antara satu batu A dan batu B?…..
malah kalaupun itu terjadi, itu juga mempunyai nilai yang sangat atau bahkan bertambah tinggi, karena batu tersebut mengalami proses pembentukan, tempat, dan waktu yang berbeda……malah jadi nilai plus lagi.
3.  Kolektor item yang abadi…(Bukan kolektornya orang nya item…heheh)
Jika seseorang telah mempunyai kemapanan dalam hal ekonomi, bahkan sudah melebihi kebutuhannya, maka akan timbul suatu keinginan yang  seolah-olah mengharuskannya mempunyai sesuatu pembeda dengan orang kebanyakan dan mereka selalu mencari sesuatu yang sangat langka dan tidak bisa di saingi oleh orang lain dan pasti memiliki nilai ekonomi yang tinggi.
salah satu kolektor item itu yang sudah sangat hapal dan saya terlibat langsung di dalamnya adalah Lukisan.
Lukisan merupakan salah satu benda investasi yang sangat bernilai tinggi, gampang dijual karena mempunyai komunitas dan infrastruktur seni yang menjalankan serta membuka semua link dan bahkan bisa mempengaruhi suatu peradaban dan kebudayaan. Sangat kuat nilai ekonominya karena telah menjadi tren sangat lama dan banyak manusia yang terlibat dan bergerak di dalamnya, tersedia dari harga murah sampai harga yang sangat tinggi, bisa mengikuti selera kita karena kolektor bisa memesan sesuai keiningannya, bahkan terlibat dalam proses penciptaanya dengan memilih tema, warna, dan ukuran…..bahkan yang paling menyedihkan kolektor odong-odong bisa mempunyai lukisan Masterpiece seorang seniman besar dengan membuat lukisan palsunya. Jadi untuk terjun di dunia lukisan perlu dibutuhkan pengetahuan yang sangat banyak dan waktu yang sangat lama untuk belajar membedakan lukisan asli dan lukisan abal-abal.
Tetapi semua itu tetap menempatkan Lukisan sebagai salah satu cabang dunia hobi yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.
Jadi berarti jika dunia per-Akikan mempunyai komunitas yang besar, dimanage pasarnya dengan melibatkan lebih banyak infrasruktur pendukung yang bisa dimanfaatkan, maka AKIK GAMBAR di INDONESIA akan menjadi salah satu hoby yang mempunyai nilai ivestasi yang tidak terkirakan nilainya. Karena mempunyai kelebihan-kelebihan yang tidak terdapat dalam dunia hoby yang lain…hoby burung,ikan atau tumbuhan seperti bonsai atau bunga selalu bergerak di pengaruhi banyak hal yang bisa merubah nilai ekonomisnya, bahkan bisa kehilangan nilainya jika berhubungan dengan jangka waktu hidupngya…alias mati, dan saya pernah mengalaminya sendiri sehingga nilai yang tadinya sudah sangat tinggi tiba-tiba…bablas angine….
4. Pemuas Napsu Imajinasi dan khayalan….(catatan:….bukan yang jorok)
Satu bentuk atau gambar jika dilihat oleh 2 orang yang berbeda, belum tentu mempunyai persepsi atau bentuk gambar yang sama…..apalagi jika dilihat oleh 2 budaya, adat, atau lingkungan yang berbeda, pasti banyak persepsi yang bertabrakan bahkan mungkin mengundang kerusuhan (lebaaay…)….itu karena asyiknya kita mengumbar napsu ber-imajinasi..itulah asyiknya Batu Gambar
5. Awet
Salah satu yang selalu diperhitungkan untuk investasi hoby adalah ke awetannya, tidak mengenal kadaluarsa, bahkan mati. Mempunyai daya tahan pisik yang bagus (bukan  berarti kuat lari keliling lapangan) terhadap alam dan lingkungan. dan semua itu tercukupi oleh karakter Akik Gambar.
yaaa kecuali ilang mah itu masalah keteledoran kita saja….patung liberty aja bisa ilang ya…(tepuan Coverfield)
6. Orisinal
Inlah salah satu hal yang penting dalam dunia koleksi mengkoleksi...orisinal.
ada beberapa batu yang kemungkinan adalah hasil akal-akalan manusia yang hampir mirip dengan yang aslinya, dan umumnya berlaku di dunia batu permata yang kebanyakan orang tidak menguasai atau bahkan menguasai ilmunya, tetapi keburu tergiur oleh nama jenis batu permata tertentu yang sangat di idam-idamkannya sehingga semua hal yang penting diketahui di kesampingkan karena idamanya sudah di depan mata, berkilau menyilaukan mata…(kalo cw mah cantik, mbahenol, seksi..). semua nalar menjadi hilang dan akhirnyaaa mendapatkan Batu sintetis…(berarti cw palsu dong..)
berbeda dengan dunia akik gambar yang orang awam pun dengan kasat mata dapat membedakan nya dari batu jadi-jadian.
jika kita mendapatkan batu yang diberi warna…alangkah mudahnya dapt kita bedakan dari warna alami batuan, stroke atau goresan alam, gradasi warna, presfekti warna dan garis….karena akan terlihat kaku dan tidak nyaman di mata karena yang kita pakai adalah imajinasi yang berhubungan dengan perasaan bukan dengan image nama jenis batu yang prestige.

itulah sedikit informasi yang di ambil dari pengalaman pribadi, dan mungkin pengalaman pribadi anda akan berbeda atau bahkan menambahkan poin di atas….karena itulah ke asyikan Batu Gambar…bermain Imajinasi Liar..bebas…dan tidak merugikan tetangga.

Salam Akik Gambar

No comments:

Post a Comment